Butuh Bantuan? Customer Service Jual Mainan Bayi Murah siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Cara Bermain Halma

Cara Bermain Halma

Ditulis pada: 27 July 2019 | Kategori:

Cara Bermain Halma

Permainan Halma (Chinese Checker) sebenarnya adalah permainan yang sederhana setelah Anda mempelajari aturan-aturannya. Dua hingga enam pemain masing-masing berlomba untuk mengetahui siapa yang dapat mengisi daerah segitiga tujuan lebih dahulu dengan kelereng atau pion berwarna. Lanjutkan membaca jika Anda ingin mempelajari lebih jauh tentangĀ Cara Bermain Halma yang menyenangkan ini.

1. Pahami papan permainannya. Bentuk papan permainannya adalah bintang segi enam, dengan setiap segi memiliki sepuluh lubang di dalamnya.

– Bagian dalam dari papan permainan yang berupa segi enam juga berisi lubang. Setiap sisi dari segi enam memiliki lima lubang di sepanjang tepi luarnya.

– Pada sebagian besar papan permainan Halma, setiap daerah segitiga memiliki warna yang berbeda-beda. Demikian juga, ada enam set kelereng atau pion, dan masing-masing set berkaitan dengan titik yang berwarna sama.

2. Pilihlah daerah segitiga yang menjadi tempat awal Anda. Daerah segitiga yang akan Anda gunakan tergantung jumlah pemain yang ikut serta. Mainkan permainan ini dengan dua, tiga, empat, atau enam pemain.

3. Ketahui berapa banyak pion yang harus digunakan. Dalam permainan yang umum, seharusnya Anda menggunakan sepuluh pion yang berwarna sama dengan warna dari daerah segitiga awal Anda.

4. Lempar koin. Permainan biasanya dimulai dengan melempar sebuah koin.

5. Mainkan secara bergiliran. Setelah pemain pertama melakukan gilirannya, pemain yang berada di sebelah kirinya harus melakukan giliran berikutnya. Lanjutkan giliran secara memutar dengan cara ini, berpindah giliran ke pemain di sebelah kiri hingga mencapai pemain pertama lagi. Lalu siklus gilirannya berulang lagi dari awal.

4. Pindahkan satu pion ke lubang di dekatnya pada setiap giliran. Cara paling dasar untuk memindahkan salah satu pion Anda adalah memindahkannya ke lubang di dekatnya.

5. Lompati pion-pion lainnya. Cara lain untuk memindahkan pion Anda adalah “melompati” pion di dekatnya menuju lubang kosong di sisi lainnya.

6. Jangan menyingkirkan pion. Berbeda dengan permainan Chinese Checker tradisional, Anda tidak menyingkirkan pion dari papan permainan Halma setelah pion-pion itu melompati atau dilompati pion lain.

7. Arahkan menuju daerah segitiga yang terletak di seberang. Anda dapat memindahkan pion ke segala arah di papan permainan. Anda bahkan juga dapat memindahkan pion-pion ke daerah segitiga lain yang sedang tidak digunakan. Tetapi, pada akhirnya Anda harus mengarahkan semua pion Anda menuju daerah segitiga tujuan yang terletak tepat berhadapan dengan daerah segitiga awal Anda.

8. Jangan memindahkan pion keluar dari daerah segitiga tujuan. Setelah memindahkan pion ke daerah segitiga tujuan, Anda tidak boleh memindahkannya keluar dari daerah segitiga tujuan selama sisa permainan tersebut. Tetapi Anda boleh memindahkannya ke mana saja di dalam daerah segitiga tersebut.

Cara Bermain Halma

Nah, itulah Cara Bermain Halma dari www.mainanbayi.com. Sangat menyenangkan buka jika permainan ini dilakukan bersama kawan-kawan. Selamat mencoba yay.

Cara Bermain Halma | mainan bayi murah

Tags: Cara Bermain Halma

Komentar dinonaktifkan: Cara Bermain Halma

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Penyebab Speech Delay pada Anak

thumbnail Ditulis pada: 24 June 2020

Penyebab Speech Delay pada Anak Orang tua sering kali kebingungan kala anaknya belum juga mulai bisa berbicara padahal perkiraan umurnya sudah pas. Namun perlu diketahui, kecepatan anak dalam belajar bicara akan berbeda satu sama lain. Anak berumur dua tahun biasanya... Baca selengkapnya »

Anak 2 tahun Belum Bisa Bicara? Mungkin ini Sebabnya!

thumbnail Ditulis pada: 20 June 2020

Anak 2 tahun Belum Bisa Bicara? Mungkin ini Sebabnya! Kebanyakan orang tua mengharapkan anaknya bisa berjalan lebih cepat dibanding anak lainnya. Begitupun bicara Namun ternyata, perkembangan motorik khususnya kemampuan berjalan usia normal sebenarnya bervariasi mulai dari usia 9 bulan sampai... Baca selengkapnya »

Anak 2 tahun Belum Bisa Jalan? Mungkin ini Sebabnya!

thumbnail Ditulis pada: 17 June 2020

Anak 2 tahun Belum Bisa Jalan? Mungkin ini Sebabnya! Kebanyakan orang tua mengharapkan anaknya bisa berjalan lebih cepat dibanding anak lainnya. Namun ternyata, perkembangan motorik khususnya kemampuan berjalan usia normal sebenarnya bervariasi mulai dari usia 9 bulan sampai 18 bulan.... Baca selengkapnya »

Seberapa Penting Memilih Mainan yang SNI untuk Anak?

thumbnail Ditulis pada: 12 June 2020

Seberapa Penting Memilih Mainan yang SNI untuk Anak? Mungkin sebagian besar dari kita sudah sering mendengar istilah SNI karena label ini sering kita jumpai pada produk helm serta beberapa produk kebutuhan rumah tangga lainnya. Bagi yang belum mengetahui, SNI meru... Baca selengkapnya »

Tips Memilih Rattle untuk Si Kecil

thumbnail Ditulis pada: 9 June 2020

Tips Memilih Rattle untuk Si Kecil Apa pun jenis dan bentuknya, pastikan rattle tersebut aman bagi buah hati. Bentuknya tidak boleh terdapat sudut agar tidak melukai si kecil. Selain memastikan rattle yang tumpul atau tidak bersudut, ibu juga perlu memerhatikan... Baca selengkapnya »