Butuh Bantuan? Customer Service Jual Mainan Bayi Murah siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Penyebab Speech Delay pada Anak

Penyebab Speech Delay pada Anak

Ditulis pada: 24 June 2020 | Kategori: Uncategorized

Penyebab Speech Delay pada Anak

Orang tua sering kali kebingungan kala anaknya belum juga mulai bisa berbicara padahal perkiraan umurnya sudah pas. Namun perlu diketahui, kecepatan anak dalam belajar bicara akan berbeda satu sama lain. Anak berumur dua tahun biasanya sudah dapat mengatakan sekitar 50 kata dan berbicara dalam dua atau tiga kalimat. Di usia 3 tahun, kosa kata yang dimiliki meningkat menjadi kurang lebih 1000 kata.

Anak-anak selalu berkembang sesuai dengan waktu mereka masing-masing. Keterlambatan dalam berbicara tidak selalu berarti ada masalah serius pada anak.  Pada umumnya, gangguan pendengaran, gangguan neurologis atau perkembangan menjadi pemicu adanya keterlambatan berbicara. Speech delay atau keterlambatan berbicara dan bahasa adalah gangguan yang paling umum terjadi pada anak berusia 3-16 tahun

nah ada beberapa alasan penyebab adanya Speech Delay pada anak, apa saja ? yuk simak di  bawah ini :

  1. Masalah dalam mulut

Nah yang pertama adalah Keterlambatan dalam berbicara dapat mengindikasikan adanya masalah dalam mulut, lidah, atau langit-langit. Kondisi tersebut disebut juga dengan ankyglossia, yang menyebabkan lidah tidak bebas bergerak karena frenulum lidah yang terlalu pendek. Frenulum adalah jaringan tipis di bawah lidah di bagian tengah yang menghubungkan lidah dengan dasar mulut.

  1. Gangguan bicara dan juga bahasa

Mah selanjutnya keterlambatan berbahasa adalah kondisi saat anak kesusahan dalam menyusun frasa yang dapat dimengerti. Sementara keterlambatan berbicara adalah kondisi yang sebaliknya. Ia mampu berkomunikasi secara non-verbal, tetapi tidak dapat mengucapkan banyak kata.

Kelahiran secara premature bisa jadi pemicu dalam keterlambatan perkembangan anak. Hal ini bisa melibatkan fungsi otak dan mungkin akan mengindikasikan ketidakmampuan dalam belajar.

  1. Tidak distimulasi dengan baik

Lingkungan memiliki peran yang penting dalam perkembangan anak berbicara dan berbahasa. Pelecehan, pengabaian, atau kurangnya stimulasi verbal dapat membuat anak kesulitan mencapai perkembangan yang dituju.

  1. Gangguan pendengaran

Nah selanjutnya adalah masalah gangguan pendengaran Balita yang tidak dapat mendengar dengan baik cenderung memiliki permasalahan dalam berbicara. Salah satu tanda gangguan pendengaran adalah ketika anak tidak mampu menamai objek tapi mereka memahaminya jika orang lain memberitahu menggunakan gerakan.

  1. Maslaah neurologis

Selanjutnya adalah maslaah neurologis, Gangguan neurologis dapat memengaruhi otot yang diperlukan untuk berbicara. Hal itu termasuk cerebral pasy, distrofi otot, dan cedera otak.

Penyebab Speech Delay pada Anak

Nah mungkin itu saja moms beberapa yang bisa Menyebabkan Speech Delay pada anak dari mainanbayimurah.com, Orang tua haruslah membaca dengan suara jelas, mengajak bayi dan anak bercakap-cakap, memberi respons terhadap ocehan anak, atau menjawab pertanyaan-pertanyaan dan bernyanyi. Ponsel dan televisi bukanlah metode stimulus yang baik
Orang tua juga harus memahami perkembangan normal pada anak dengan membaca buku panduan kesehatan anak yang memuat data kelahiran, berat badan, dan rekam jejak imunisasi dan kesehatan anak.

Selain itu, lakukan pemeriksaan deteksi dini terhadap gangguan perkembangan secara berkala serta konsultasi dengan dokter. Deteksi tersebut dapat dilakukan pada hari ketiga setelah bayi lahir.

Penyebab Speech Delay pada Anak | mainan bayi murah

Tags: Penyebab Speech Delay pada Anak

Komentar dinonaktifkan: Penyebab Speech Delay pada Anak

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Penyebab Speech Delay pada Anak

thumbnail Ditulis pada: 24 June 2020

Penyebab Speech Delay pada Anak Orang tua sering kali kebingungan kala anaknya belum juga mulai bisa berbicara padahal perkiraan umurnya sudah pas. Namun perlu diketahui, kecepatan anak dalam belajar bicara akan berbeda satu sama lain. Anak berumur dua tahun biasanya... Baca selengkapnya »

Anak 2 tahun Belum Bisa Bicara? Mungkin ini Sebabnya!

thumbnail Ditulis pada: 20 June 2020

Anak 2 tahun Belum Bisa Bicara? Mungkin ini Sebabnya! Kebanyakan orang tua mengharapkan anaknya bisa berjalan lebih cepat dibanding anak lainnya. Begitupun bicara Namun ternyata, perkembangan motorik khususnya kemampuan berjalan usia normal sebenarnya bervariasi mulai dari usia 9 bulan sampai... Baca selengkapnya »

Anak 2 tahun Belum Bisa Jalan? Mungkin ini Sebabnya!

thumbnail Ditulis pada: 17 June 2020

Anak 2 tahun Belum Bisa Jalan? Mungkin ini Sebabnya! Kebanyakan orang tua mengharapkan anaknya bisa berjalan lebih cepat dibanding anak lainnya. Namun ternyata, perkembangan motorik khususnya kemampuan berjalan usia normal sebenarnya bervariasi mulai dari usia 9 bulan sampai 18 bulan.... Baca selengkapnya »

Seberapa Penting Memilih Mainan yang SNI untuk Anak?

thumbnail Ditulis pada: 12 June 2020

Seberapa Penting Memilih Mainan yang SNI untuk Anak? Mungkin sebagian besar dari kita sudah sering mendengar istilah SNI karena label ini sering kita jumpai pada produk helm serta beberapa produk kebutuhan rumah tangga lainnya. Bagi yang belum mengetahui, SNI meru... Baca selengkapnya »

Tips Memilih Rattle untuk Si Kecil

thumbnail Ditulis pada: 9 June 2020

Tips Memilih Rattle untuk Si Kecil Apa pun jenis dan bentuknya, pastikan rattle tersebut aman bagi buah hati. Bentuknya tidak boleh terdapat sudut agar tidak melukai si kecil. Selain memastikan rattle yang tumpul atau tidak bersudut, ibu juga perlu memerhatikan... Baca selengkapnya »